Gejala Penyakit Leukimia Itu Seperti Apa ?

Gejala Penyakit Leukimia. Apa itu Leukimia ? Seperti yang kita tahu bahwa leukimia berasal dari bahasa Yunani yang disebut leukos berarti putih dan aima yang artinya darah dan lebih familiar disebut sebagai kanker darah atau termasuk juga dalam klasifikasi penyakit kanker pada sumsum tulang.

Sel yang tidak normal atau abnormal akan menggantikan keberadaan posisi sel normal yang ada di dalam sumsum tulang. Sementara keberadaan sel abnormal ini bisa keluar dari sumsum dan dapat juga dilihat dalam darah tepi atau perifer. Dengan demikian maka sel leukimia ini dapat memengaruhi proses pembentukan sel darah yang normal serta sistem imun tubuh penderita penyakit leukimia tersebut.

Pada pasien atau penderita leukimia akan ditemukan sel darah putih yang banyak sebelum diterapi. Sel darah putih yang kelihatan adalah sel yang muda disebut promielosit yang apabila jumlahnya semakin tinggi akan menyebabkan gangguan fungsi normal pada sel tersebut.

Fakta telah menunjukkan pada tahun 2000 ada sekitar kurang lebih 256.000 orang termasuk anak-anak juga dewasa menderita penyakit sejenis leukimia dan sejumlah 209.000 diantaranya telah meninggal akibat penyakit tersebut. Terhitung dari 90% jumlah tersebut adalah orang dewasa.

Bagaimana Ciri-ciri Penyakit Leukimia atau Gejala Leukimia itu ?
Jika Anda merasakan hal-hal berikut ini ada baiknya Anda selelu waspada :

1. Leukimia dapat mengakibatkan kondisi tubuh kita akan merasa lelah secara berkepanjangan, karena sel-sel darah putih yang diproduksi dalam jumlah yang meningkat bisa mengakibatkan energi yang besar dari tubub diserap olehnya.

2. Berat badan secara terus menerus merosot. Padahal konsumsi makanan kita seperti biasanya tetapi tetap saja berat badan menurun. Leukimia mengakibatkan berat badan berkurang karena produksi sel darah putih yang meningkat bisa menyerap kalori dari tubuh kita.

3. Perhatikan frekuensi rasa sakit kepala atau tiba-tiba bingung karena produksi sel darah putih yang meningkat dapat menyerang sistem syaraf pusat.

4. Pada anak-anak bisa timbul gejala sering berdarah, mimisan dan timbul lebam-lebam di beberapa bagian tubuhnya. Ini adalah gejala paling umum yang bisa dilihat pada anak-anak yang menderita leukimia. Selain itu pada bagian tubuhnya juga akan muncul bintik-bintik merah yang terkait dengan pembengkakan hati dan limpa.

5. Wajah kita menjadi pucat. Kecerahan wajah menjadi berkurang itu merupakan indikasi gejala umum terjadinya penyakit leukimia. Produksi sel darah putih yang mengalami peningkatan yang tidak normal akan mendesak sel darah merah kita sehingga kita menjadi kekurangan darah merah.

6. Segera periksa kelenjar getah bening kita. Caranya adalah dengan merasakan sesuatu di tenggorokan atas atau kita bisa mengetahuinya dengan melihat apakah dibawah ketiak ada benjolan atau semacam pembengkakan terletak disana ? sebab salah satu diantara gejala utama penyakit getah bening adalah terjadinya pembengkakak kelenjar getah bening.

7. Coba ingat apakah kita pernah terkena infeksi ringan akan tetapi tak kunjung sembuh ? Sel-sel darah putih memang bisa melindungi kita terhadap infeksi sebab peranan dia sebagai anti-bodi, namun jika seseorang telah menderita leukimia maka produksi sel darah putihnya akan tidak sempurna dan tidak mampu untuk melindungi tubuh.

8. Kita bisa memeriksa limpa dengan cara berbaring ditempat tidur yaitu dengan meletakkan telapak tangan kita pada perut sebelah kiri dan dibawah tulang rusuk serta rasakan apakah ada benjolan-benjola kecil di sana.

9. Apakah kita sering mengeluarkan keringat pada malam hari yang disertai nyeri pada tulang dan perut dan di ikuti oleh rasa mual dan kembung ? apabila telah terjadi hal yang demikian maka bisa di indikasikan telah terjadi gejala penyakit leukimia.

Demikianlah apa yang bisa Ikiopo.com sampaikan berkaitan dengan ciri-ciri atau gejala penyakit leukimia.

loading...