Gejala Sakit Jantung itu Seperti Apa?

Apa saja gejala sakit Jantung itu dan bagaimana cara mengenalinya?. Penyakit jantung merupakan pembunuh nomer satu di dunia, betapa tidak banyak orang yang meninggal secara tiba-tiba lantaran terkena serangan jangtung yang notabe mereka sangat awam dalam mengetahui secara pasti gejala-gejalanya.

Sebenarnya tanda-tanda awal sakit jantung bisa di ketahui melalui kondisi dan ciri-ciri ketika seseorang mengalami ketidak beresan pada kesehatan mereka. Penyakit jantung koroner merupakan, penyakit jantung yang berisiko tinggi, dan kerap kali menjadi momok bagi yang menderitanya.

Banyak diantara penderita penyakit jantung yang malah menderita lantaran takut akan penykitnya, namun bila kita pandai-pandai menyiasatinya dengan menerapkan pola hidup sehat maka, segala macam penyakit termasuk penyakit jantung ini bisa diantisipasi, paling tidak bisa mengenali lebih jauh akan gejala awal dari penyakit tersebut.

Ternyata cukup mudah dan tidak perlu keahlian khusus dalam mendiaknosa atau mengetahui gejala awal penyakit jangtung, diantaranya seperti sakit dan tidak enak di bagian dada, bahu kiri, tangan, siku, punggung atau rahang yang sering dianggap sebagai angin lalu saja, sehingga banyak orang yang menyepelekanya.

Seseorang baru akan sedikit sadar ketika sudah mengalami sesak napas, mual, muntah, keluar keringat dingin, pucat hingga pingsan. Padahal, saat itulah, risiko kematian bisa terjadi kapan dan dimanapun saja. Terlambat sedikit, nyawa bisa tak tertolong lagi. Sangat mengerikan bukan ?

Nah untuk lebih jelasnya coba perhatikan baik-baik gejala awal jika anda mengalami sakit jantung, diantanya seperti mengalami :

1. Kelelahan
Jika badan sering lemah biasanya ada pasokan darah ke dalam tubuh tidak bekerja secara normal. Agar kinerja jantung anda tidak melemah alangkah baiknya periksa secara rutin dan berolah raga yang ringan. Hindari kebiasaan buruk seperti minuman keras, candu, merokok atau lainnya. Selain itu imbangilah dengan pola hidup sehat dengan makan berbahan alami dan menjahui jenis makanan dalam kemasan.

Apabila Anda kerap merasa lelah meski tidak melakukan aktivitas berat, segera konsultasikan ke dokter pribadi. Ini bisa menjadi indikasi adanya masalah pada jantung. Rasa lelah ini juga sering dirasakan saat bangun tidur.

2. Nyeri
Rasa nyeri menjadi pertanda kuat penyakit jantung. Pada pria, rasa nyeri dirasakan di bagian lengan kiri, sementara wanita mengalami rasa sakit di kedua lengan. Rasa sakit datang dan pergi ini juga dirasakan di bagian bahu, punggung siku, dan leher. Nyeri di beberapa titik bagian tubuh ini disebabkan karena terjadi penyumbatan arteri, yang menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh tidak lancar. Kondisi ini juga dapat menyebabkan mati rasa dan kelemahan tubuh.

Nyeri ini biasanya disebabkan suplai pasokan darah mengalami kekurangan dibeberapa bagian tubuh. Sehingga tubuh mengalami kram atau nyeri. Selain itu, rasa nyeri dibagian dada juga dialami setiap hari.

3. Berkeringat
Umumnya seseorang berkeringat usai berolahraga atau saat cuaca panas. Namun jika Anda mudah berkeringat, meski tidak melakukan apapun, kemungkinan jantung Anda bermasalah.

4. Sakit kepala / Pusing
Bila anda sering mengalami pusing dikepala hingga akhirnya pingsan, maka itu adalah salah satu gejala penyakit jantung. Umumnya, para penderita penyakit jantung akan mengalami hal tersebut. Hal ini diakibatkan oleh sistem kerja otot jantung yang mulai melemah sehingga darah yang dipompa tidak bisa bekerja secara normal sehingga mengakibatkan pasokan darah ke seluruh bagian tubuh menjadi kacau.

Mereka yang memiliki masalah pada jantung, akan merasakan sakit kepala atau pusing saat terkena paparan cahaya. Ini berpengaruh pada denyut jantung, entah itu berdenyut lebih lambat atau lebih cepat.

Terutama pada wanita yang sering mengalami migren atau gangguan visual, setidaknya dua kali dalam sebulan, perlu waspada. Bisa diartikan ini adalah gejala perkembangan penyakit jantung. Demikian menurut hasil studi yang dikeluarkan American Academy of Neurology. Menurut peneliti, ini terjadi di karenakan penyimpangan sirkulasi darah yang menyebabkan sakit kepala parah.

5. Gangguan pencernaan / Mual
Gejala gangguan jantung diawali dengan pembengkakan di bagian perut. Hal ini menyebabkan penderita kehilangan nafsu makan dan merasakan mual berlebih.

Dalam satu studi diketahui wanita dua kali lebih mungkin mengalami muntah, mual dan gangguan pencernaan selama beberapa bulan menjelang serangan jantung dibanding pria. Kondisi ini terjadi karena sumbatan lemak di arteri akan mengurangi suplai darah ke jantung yang biasanya terjadi di dada kadang bisa muncul diperut.

6. Kecemasan
Banyak yang meyakini, serangan jantung berbuntut pada trauma. Alhasil, mereka yang pernah mengalami serangan jantung lebih sering mengalami ketegangan, ketakutan, atau kecemasan akan kematian. Hal ini dikaitkan dengan kecemasan psikologi dan stres yang menyebabkan serangan lebih sering.

7. Denyut jantung tidak teratur
Jika Anda mengalami denyut jantung tak teratur, ini patut diwaspadai karena dapat berakibat fatal. Denyut jantung tak teratur umumnya terjadi karena adanya penebalan otot pada katup jantung. Hal ini menyebabkan terjadi penyempitan pada katup sehingga menyebabkan kebocoran.

8. Sesak napas
Sesak napas disebabkan karena penebalan pembuluh darah yang menghambat pasokan darah ke seluruh tubuh. Ini juga berakibat pada denyut jantung yang tidak teratur, kelainan organ hati atau infeksi, penebalan otot jantung, serta kelainan pada katup jantung.

9. Pembengkakan
Pembengkakan ini terjadi ketika cairan menumpuk di dalam tubuh. Umumnya terjadi pada bagian pergelangan kaki dan bagian perut. Nah dari gejala ini di indikasikan atau bisa dikatakan tanda bahwa jantung sedang mengalami kecacatan serta adanya kelainan pada sistem katup jantung.

loading...