Inilah Cara Alami Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Cara Meningkatkan Metabolisme. Metabolisme dalam tubuh sangat penting guna untuk menunjang fitalitas kondisi tubuh, dengan semakin fit maka metabolisme tubuh juga akan lebih baik, begitu juga sebaliknya.

sedangkan untuk metabolisme tubuh itu sendiri bagi setiap orang berbeda-beda bergantung juga pada komposisi tubuh tersebut sesuai dengan jumlah otot serta jumlah lemak yang terdapat dalam tubuh sendiri.

Lalu bagaimana meningkatkan metabolisme dalam tubuh dengan baik? salah satu langkah cerdas dalam mengembalikan serta meningkatkan metabolisme tubuh metabolisme yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, melakukan olah raga cukup dengan diibangi minum air putih yang dingin, juga membentuk pola pikir yang positif.

Metabolisme juga sangat erat hubungannya dengan masalah suhu tubuh. Nah semakin tinggi suhu tubuh maka semakin tinggi pula metabolisme yang terjadi pada tubuh. misalnya jika kita mengenakan baju berlapis-lapis di siang hari maka dengan demikian akan meningkatkan juga kadar suhu tubuh, otomatis dengan berpaikan rangkap tersebut akan banyak mengeluarkan keringat yang samahalnya dengan melakukan olah raga.

Selain itu berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makanan berprotein dapat juga meningkatkan metabolisme tubuh. Hal tersebut bisa dilakukan dengan banyak mengonsumsi daging tanpa lemak serta sumber protein lainnya.

Untuk lebih jelas meningkatkan metabolisme tubuh dengan cara alami, berikut dapat Anda simak dalam pemaparannya, dengan :

1. Minum Air Putih Dingin
Banyak orang beranggapan bahwa minum air dingin akan menyebabkan gemuk. Padahal sebaliknya, air dingin akan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh Anda. Ini terjadi karena tubuh Anda memerlukan lebih banyak kalori untuk mengembalikan suhu nya ke keadaan normal.

Ketika tubuh mendapatkan air dingin, suhu nya akan menurun oleh sebab itu tubuh secara otomatis akan meningkatkan suhu dgn jalan membakar lebih banyak kalori. Yang perlu diperhatikan adalah air dingin tersebut tidak boleh dicampur apapun, karena dgn menambahkan campuran seperti sirup, gula, dll. Maka akan menambahkan kalori kedalam air itu. Jadi minumlah Air putih dingin saja.

2. Makan-makanan yang Bergizi
Memilih jenis makanan trtentu bisa meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Jenis makanan ini biasanya memiliki kandungan protein yang tinggi. Karena protein sangat baik untuk meningkatkan masa otot ( kepadatan otot ) Anda. Semakin tinggi masa otot Anda , maka tubuh akan membakar semakin banyak lemak.

Ingat, otot seperti kompor di dalam tubuh, maka semakin banyak otot, metabolisme dalam tubuh akan semakin tinggi. Sumber protein yang baik bisa Anda peroleh dengan makan ikan laut, putih telor, tahu tempe, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan sejenisnya.

Yang perlu diperhatikan adalah cara memasak mekanan tersebut, pilihlah cara memasak seperti dikukus, direbus atau dipanggang, hindari cara memasak dengan menggoreng, sebab tidak baik bagi keberlangsungan kesehatan kita.

3. Melakukan Olahraga Cukup
Olahraga adalah salah satu cara cepat untuk meningkatkan metabolisme, tapi perlu Anda ketahui jenis olahraga tertentu akan memberikan efek yang berbeda terhadap tubuh Anda. Dua jenis olahraga yang baik untuk meningkatkan metabolisme adalah aerobik dan angkat beban.

Perlu anda ketahui, untuk manfaat yang maksimal Anda perlu menggabungkan ke dua jenis olahraga tersebut. Mengapa..? Karena latihan aerobik akan meningkatkan metabolisme Anda saat berlatih, sedangkan dengan melakukan latihan beban akan memberikan efek peningkatan metabolisme secara berkelanjutan.

Jadi dengan berlatih beban, saat selesai latihanpun metabolisme tubuh Anda tetap tinggi. Untuk melihat cara yang tepat menggabungkan kedua jenis olahraga ini, Anda bisa melihat di artikel fitness plan.

4. Cukup istirahat dengan tidur yang cukup
Tubuh rata-rata akan memerlukan waktu istirahat 6 hingga 8 jam perhari guna mengembalikan kondisi kebugaran. Dengan Kurang istirahat maka akan mengakibatkan terbentuknya hormon ghrelin yang dapat memicu rasa lapar.

Disamping itu dengan kondisi tubuh yang kurang fit oleh karena kurang tidur, maka tubuh akan menurunkan tingkat metabolismenya secara otomatis untuk menghemat tenaga yang digunakan. Jadi mulai sekarang aturlah waktu istirahat Anda, jangan terlalu banyak bergadang dimalam hari.

5. Membentuk Pola Pikir Positif
Semua hal diatas tidak akan berguna jika pola pikir Anda tidak dirubah, mengapa..?
Sebab dengan pola pikir yang positif, maka Anda akan terhindar dari belenggu batin yang menyiksa, selalu bersikap juga berpikir positif membuat keenangan dalam jiwa. Nah meskipun Anda tealah melakukan hal-hal diatas tampa di dasari ketenangan maka hasilnya juga nol, maka usaha untuk meningkatkan metabolisme juga tidak akan berhasil.

Demikian yang bisa Ikiopo.com sampaikan, semoga memberi manfaat. Bagaimana dengan Anda ingin mencoba meningkatkan metabolisme?

loading...