Kenapa Ngorok itu Sangat Berbahaya?

Ngorok alias mendengkur selama ini dianggap sebagai suara yang mengganggu orang disekitarnya, betapa tidak banyak yang sepakat tidur berdampingan dengan orang yang lagi ngorok pastilah akan terganggu dan akan kesulitan mengawali tidur malam. Mungkin lebih mending mendengar suara kereta lewat ketimbang mendengar orang ngorok.

Tidak jarang saking kerasnya suara dengkuran bisa tembus keruangan kamar tetangga sebelah, Bisa jadi ada yang semaleman tidak bisa tidur lantaran mendengar dengkuran suara orang ngorok bak sirine pemadam kebakaran. Bahkan saking kerasnya dengkuran seseorang ada yang merekam sebagai nada dering HP, dan mungkin akan laris dijual sebagai nada SMS atau alarm.

Kebanyakan di lingkungan keluarga kita ngorok merupakan suatu kebiasaan yang yang lumrah dan tidak jarang mendengkur dianggap sebagai efek dari pulasnya seseorang saat tidur akibat kecapekan atau letih. Untuk beberapa kasus, hal itu memang benar. Namun yang harus diketahui dan disadari bahwa ada perbedaan antara mendengkur biasa dengan masalah pernafasan. Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa masalah pernafasan pada saat tidur menandakan ada masalah yang serius di tubuh seseorang dan hal ini harus diwaspadai.

Kondisi tidur mendengkur diakibatkan karena adanya gangguan apnea atau gangguan pernafasan yang terjadi berulang kali dan mengganggu tidur seseorang, terjadi ketika otot bagian belakang tenggorokan gagal membuka jalur udara untuk pernafasan.

Hal ini dapat menyebabkan terjadinya pola tidur yang salah serta rendahnya asupan oksigen dalam darah, dan ujung-ujungnya mengarah pada berbagai penyakit seperti hipertensi, jantung, masalah mood dan juga ingatan.

Mengapa ngorok lebih bebahaya daripada merokok ?
Sebuah tim peneliti dari Detroit AS telah menyatakan bahwa mendengkur lebih berbahaya dari merokok !. Mengapa bisa demikian ? ini penyebabnya, karena ngorok cenderung mempunyai risiko lebih besar mengalami penebalan arteri karotis dibanding perokok, orang yang gemuk atau bahkan yang memiliki kadar kolesterol tinggi sekali pun.

Lantas apa itu Arteri karotis? Arteri karotis adalah pembuluh darah yang memberikan suplai ke daerah bagian leher dan kepala, termasuk juga otak. Nah apabila kondisi dinding pembuluh darah ini mengalami penebalan, bisa menjadi awal dari berbagai penyakit pembuluh darah lainnya, bisa dipastikan lebih berbahaya dari penyebab penyakit yang dipicu karena kebiasaan buruk merokok !

Ikiopo.com Semoga anda tidak lagi ngorok.

loading...