Obat Sakit Tenggorokan, Coba Dengan Ini

Obat Sakit Tenggorokan. Seiring dengan berubahnya cuaca kerap kali membawa dampak terhadap seseorang apabila kondisi ketahanan tubuh mereka relatif lemah. Pergantian cuaca atau musim panca roba mengakibatkan terjadinya penyakit yang salah satunya sering dialami adalah sakit tenggorokan.

Keberadaan sakit tenggorokan akan terasa nyeri pada saat menelan, baik itu saat makan maupun juga minum, bahkan ada yang sampai demam, yang jelas sangat tidak nyaman ketika tenggorokan kita sedang ternganggu.

Nah menggingat sakit dan tidak nyamannya saat sakit tenggorokan tersebut sebenarnya kita bisa mencegah supaya tidak terjadi sakit tenggorokan dengan cara menghindari makanan yang bisa menjadi pemicunya, seperti minum kopi panas, jenis makanan pedas dan lainnya.

Agar lebih jelasnya sebaiknya kita hindari jenis makanan ini ketika sakit tenggorokan, seperti :.

1. Makanan Asam
Makan asam seperti acar, buah jeruk, jus lemon, atau permen asam bisa membuat tenggorokan Anda menjadi lebih gatal dan menyakitkan. Hindari juga makanan yang mengandung banyak cuka atau vinegar.

2. Makanan Pedas
Ketika tengorokan terasa nyeri, sebaiknya tidak lagi mengonsumsi makanan pedas dan berbumbu. Cabai, pala, cengkeh, black pepper atau rempah-rempah lainnya yang dapat membahayakan sakit tenggorokan.

3. Produk susu
Banyak orang yang menyarankan untuk meminum segelas susu coklat hangat untuk meredakan sakit tenggorokan. Namun nyatanya, produk susu bis memperburuk nyeri pada tenggorokan. Oleh karena itu hindarilah makanan atau minuma yang terbuat dari susu.

4. Makanan Kering
Tidak hanya membuat tenggorokan semakin sakit, makanan kering juga biasanya lebih sulit ditelan. Hindari memakan kacang-kacangan, biskuit dan makanan kemasan lainnya. Ada baiknya Anda memakan makan yang lembut dan mengandung air agar lebih mudah tertelan dan tidak menimbulkan rasa nyeri.

5. Kopi
Secangkir kopi hangat dapat membuat tenggorokan Anda terasa lebih baik, tapi itu hanya bersifat sementara. Setelah itu, biasanya tenggorokan menjadi lebih gatal dan sakit. Ketimbang kopi, lebih baik cobalah teh herbal seperti teh jahe hangat. Minum dengan air hangat untuk menghindari gatal.

6. Alkohol
Minuman seperti rum dan brandy dapat membuat tubuh terasa hangat di musim hujan seperti sekarang ini. Tapi sayangnya, minuman ini justru bisa memperburuk keadaan tenggorokan Anda yang sedang sakit. Hindari mengonsumsi alkohol, jika Anda ingin menyebuhkan sakit tenggorokan.

Nah setelah menghindari jenis makanan diatas untuk mengobati sakit tenggorokan sebaiknya gunakan obat herbal saja.

Banyak macam obat sakit tenggorokan diluar sana yang dijual beba, namun sebelum kita memutuskan untuk menggunakan obat tersebut sebaiknya perlu dipahami akan keamanan juga efek samping obat tersebut.

Untuk meminimalisir dari dampak yang terjadi ketika sakit tenggorokan sebaiknya gunakan bahan berikut untuk mengatasi sakit tenggorokan Anda :

1. Air putih
Air putih menjadi obat terbaik untuk mengatasi radang tenggorokan. Meskipun tidak nyaman karena rasa sakit, minumlah banyak cairan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan tenggorokan tetap lembab.

2. Minum teh
Kandungan antioksidan yang ada di daun teh, baik teh hijau, teh hitam atau teh biasa, bisa memperkuat sistem pertahanan tubuh sehingga sangat membantu meredakan infeksi. Untuk mendapatkan efek maksimal, tambahkan setengah sendok madu yang juga bersifat antiseptik.

3. Garam
Berkumur dengan air garam akan membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan yang disebabkan oleh iritasi seperti alergi atau udara kering. Tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Berkumurlah setiap beberapa jam sekali.

4. Madu dan Lemon
Untuk menenangkan tenggorokan yang iritasi, satu sendok madu yang dicampurkan ke dalam air lemon hangat menjadi obat alami yang baik. Bahkan, madu juga membantu untuk melapisi tenggorokan dan melawan bakteri tertentu di tenggorokan.

Bemikian beberapa langkah dalam mengatasi sakit tenggorokan.

loading...