Cara Merawat Gigi Yang Baik dan Benar

Cara Merawat Gigi Berlubang. Gigi merupakan salah satu diantara organ tubuh manusia yang terpenting. Coba bayangkan tanpa adanya gigi bagaimana kita bakal menyunyah makanan, dengan adanya gigi fungsi suara kita juga bakal terdengar sempurna, jenis makanan yang lezat dapat kita nikmati pula ketika fungsi gigi juga bekerja dengan baik.

Bukan cuma lidah yang bisa menikmati enaknya berbagai jenis rasa, gigi dan gusi juga turut andail dalam ikut merasakan apa yang sedang kita kunyah. Dari keadaan ini kita bercermin dari orang tua yang sudah tanpa gigi atau meski masih muda tetapi kondisi gigi mereka banyak yang lepas, lantas diganti dengan gigi palsu, maka apa yang akan terjadi yang pasti nikmat lezat dari sebuah makanan yang kita kunyah akan berubah menjadi hambar, intinya tidak senikmat sewaktu gigi masih berfungsi secara normal.

Sekarang pertanyaanya mengapa disaat ini sebagian dari yang masih berusia muda banyak mengalami kerusakan gigi ? Jawabanya adalah mudah sebab kurang adanya kesadaran dalam masalah perawatan gigi, atau masih lemahnya pengetahuan kita tentang pentingnya memelihara dan perawatan akan gigi.

Merawat gigi merupakan suatu kewajiban dimana tidak akan memberatkan pemiliknya ketika mereka sadar bahwa gigi sangat berfungsi ganda dalam keberlangsungan kehidupan. Seperti kita ketahui peranan gigi sangat vital terhadap organ pencernaan, apabila fungsi gigi tidak bekerja sebagaimana mestinya seseorang bisa dipastikan sering mengalami masalah dengan pencernaan mereka.

Apabila gigi sudah tidak bisa mengunyah dengan lembut sementara jenis makanan kita tergolong kasar, maka yang masuk kedalam perut otomatis juga dalam keadaan kasar, dengan demikian tugas usus dalam pencernaan akan bekerja ganda dan berat. Sehingga membuat metabolisme tubuh menjadi terganggu bahkan lebih besar dampaknya bisa memicu jenis penyakit lainnya.

Gigi bisa dikatakan sehat apabila kondisi gigi bersih tanpa adanya lubang. Perawatan gigi juga merupakan salah satu elemen yang tak kalah penting seperti juga perawatan pada organ tubuh lainnya. Tampilan gigi yang terlihat indah, putih dan cemerlang mengisyaratkan bahwa kondisi gigi selalu terawat dan terjaga dengan baik.

Lantas seharusnya bagaimana cara mudah merawat gigi dengan mudah itu? Berikut langkah-langkahnya :

1. Hindari meminum kopi dan anggur merah. Biasanya kedua minuman itu dapat dengan segera meninggalkan noda di gigi.

2. Mengkonsumsi sayur-sayuran dapat membersihkan gigi. Selain merupakan merupakan cemilan yang sehat, ternyata sayuran dapat membersihkan gigi secara alami.

3. Perhatikan sikat gigi Anda. Gantilah sikat gigi Anda minimal satu bulan sekali.

4. Buah stroberi ternyata mempunyai efek alami luar biasa dalam memutihkan gigi, sebab buah tersebut mengandung kadar Vitamin C yang tinggi. Untuk itu sebaiknya selalu rajin minum jus strawberi dan jangan buang ampasnya. Ambil ampas itu dan gosokkan pada gigi, setelah di diamkan sesaat, berkumurlah. Lakukan dengan teratur sehingga mendapatkan hasil yang sempurna

5. Sikatlah gigi dengan rutin setiap 12 jam sekali merupakan aturan dasar yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan gigi yang putih. Kebiasaan ini dapat melindungi gigi dari plak dan noda yang membandel.

6. Menggosokkan kulit buah lemon pada gigi juga dapat memutihkan gigi Anda. Lakukan dengan teratur agar hasilnya dapat bertahan lama.

7. Hindari merokok. Merokok adalah cara tercepat untuk mengubah warna gigi menjadi kuning.

8. Manfaatkan benang gigi digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi dari kotoran yang menyangkut pada sela-sela gigi yang tidak terjangkau menggunakan sikat, sebaiknya dilakukan paling tidak sekali dalam sehari. Kotoran sangat mudah menyelip dalam sela-sela gigi dan jika tidak dibersihkan, lama kelamaan akan menjadi karang gigi.

9. Pergunakan pasta gigi yang mempunyai formula khusus untuk memutihkan gigi sesuai anjuran dokter.

10. Periksa dan berkonsultasilah kepada dokter gigi, minimal sekali dalam setahun, dan sebaiknya adalah 6 bulan sekali.

Dan sampai sekarang banyak yang menganggap sepele ketika gigi masih berfungsi dengan baik tanpa perlu adanya perawatan, seperti menyikat dengan aturan yang benar juga makan minum yang bisa memicu kerusakan terhadap gigi.

Nah yang masih punya masalah dengan sakit gigi ada baiknya simak juga arikel tentang Obat Sakit Gigi Aman Tanpa Pake Cenut-Cenut. Bagaimana mudah bukan cara merawat gigi itu ?

loading...